Blogger news

Selasa, 07 Oktober 2014

New Media: Aplikasi Perkantoran



New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan Sarana perantara yang baru. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.


Sebagai contoh dari new media adalah aplikasi pembuka dokumen atau bisa disebut aplikasi office. Paket aplikasi perkantoran (office suite) adalah sebuah paket perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk pekerjaan di kantor. Komponen-komponennya umumnya didistribusikan bersamaan, memiliki antarmuka pengguna yang konsisten dan dapat berinteraksi satu sama lain. Kebanyakan aplikasi paket perkantoran terdiri dari sedikitnya sebuah pengolah kata dan sebuah lembar kerja. Sebagai tambahan, paket dapat terdiri dari sebuah program presentasi, peralatan basis data, paket grafis dan peralatan komunikasi. Sebuah paket perkantoran juga dapat memiliki sebuah klien surat elektronik dan manejer informasi pribadi atau paket groupware. Sebagai Contoh dari aplikasi office adalah Microsoft Office, Open Office, Star Office, Kingsoft Office, WPS, Google Docs dan banyak lagi aplikasi office lainnya.

Jika pada zaman dulu kita masih hanya menggunakan mesin tik sebagai media untuk mengerjakan pekerjaan kantoran untuk pengetikan ataupun tabel tabel buku besar yang masih dikerjakan secara manual (tulis tangan), sekarang menjadi jauh lebih mudah dan cepat akibat adanya new media berupa aplikasi office. Kita tidak perlu repot untuk mencoret tulisan yang salah akibat menggunakan mesin tik, tidak perlu repot – repot mengatur format posisi kertas, tidak hanya berpacu kepada 1 model (font) tulisan saja, tidak perlu repot menggaris tabel secara manual, melakukan perhitungan yang banyak dengan kalkulator, atau membuat analisa akuntansi yang rumit. Cukup dengan menggunakan aplikasi office kita dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan kantor yang menumpuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar